Pendaftaran hak paten

Jika anda adalah seorang inventor atau penemu atas barang atau proses yang anda pikir akan bermanfaat kepada kemanusiaan, anda harus segera malekukanpendaftaran hak paten. Dengan mendapatkan hak paten yang melekat ke ciptaan anda, anda bisa mendapatkan banyak sekali manfaat. Hak paten adalah salah satu jenis hak atas kekayaan intelektual yang bisa melindungi hasil ciptaan anda.

Pendaftaran hak paten

Manfaat yang anda dapatkan setelah melakukan pendaftaran hak paten dapat anda lihat berikut ini.

Manfaat pertama yang bisa anda dapatkan adalah manfaat ekonomis. Ciptaan yang terdapat paten melekat padanya tidak boleh digunakan orang lain secara sembarangan. Orang lain harus membayar kepada anda untuk menggunakan ciptaan anda. Selain itu paten juga merupakan suatu bentuk kekayaan, memiliki paten berarti kekayaan anda bertambah. Paten juga  bisa anda jual kepada orang lain.

Pendaftaran hak paten mudah

Ciptaan anda juga akan terlindungi dari orang-orang yang berusaha membuat, atau menjual, produk anda tanpa ijin anda. Sementara itu jika anda menciptakan suatu proses, anda dapat terlindung dari orang lain yang ingin menggunakan dan mengeksekusi proses anda tanpa izin anda. Produk atau proses ciptaan anda akan terlindungi oleh undang-undang. Anda berhak mendapatkan ganti rugi melalui gugatan pada pengadilan negeri setempat kepada siapapun yang secara sengaja dan tanpa hak melakukan pelanggaran hak anda.

Pendaftaran hak paten indonesia

Pendaftaran hak paten di Indonesia menggunakan sistem first to file yang berarti siapapun yang mengajukan permohonan paten dan diterima lebih dululah yang berhak mendapatkan hak itu. Hal ini berlaku jika ada dua paten yang berkonflik. Setelah anda mendapatkan sertifikat paten maka anda berhak mengelola paten anda atau memberikan izin kepada orang lain untuk melakukannya sepanjang 20 tahun kedepan. Kecuali jika anda memiliki paten sederhana, anda bisa mengelolanya sepanjang 10 tahun saja.

Orang yang melanggar hak paten anda akan dipidana penjara paling lama 4 tahun dan/atau denda paling banyak Rp 500.000.000. Sementara untuk paten sederhana pelanggarnya akan diganjar dengan penjara 4 tahun dan/atau denda paling banyak Rp 250.000.000. Segeralah lakukan pendaftaran hak paten untuk invensi anda agar invensi anda diakui oleh publik sebagai milik anda seorang.

    Call Us
    Chat WA